Serentak Hari Ini! BKP Gelar Operasi Pangan Murah Se-Indonesia

Senin, 20 April 2020 11:29

Foto: IST

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) hari ini, Senin (20/4) menggelar operasi pasar pangan murah di seluruh Indonesia. Ini untuk menekan lonjakan harga pangan di pasar tradisional.

Operasi pasar murah ini juga sebagai upaya Pemerintah menjelang bulan suci puasa. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mengatakan, semua mitra pasar tani di seluruh Indonesia melakukan operasi pasar serentak.

Guna melancarkan operasi pasar mudah, BPK Kementan juga menggandeng pihak distributor untuk memudahkan proses distribusi pangan ke seluruh daerah di Indonesia. “Semua mitra pasar tani melakukan operasi pasar serentak di seluruh Indonesia, dan kemudian kerjasama dengan distributor telah kami lakukan,” kata Hendriadi kepada wartawan saat pelepasan mobil angkut pangan di Gedung TTIC BPK Kementan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Contoh dengan indo gula sebagai distributor kemudian kita mencoba lihat dimana provinsi yang kekuarangan kita mengirim kesana seperti yang kita lakukan saat ini. Ini juga sebagai langkah mengintervensi kelangkaan dan kenaikan harga pangan di daerah, semua daerah akan dikoordinasi untuk saling menutup, dan seluruh daerah dilakukan operasi pasar,” tambahnya.

Dikatakan Hendriadi, operasi pasar murah ini sudah berlangsung sejak bangsa ini dilanda bencana non alam Coronavirus atau Covid-19. Menurut dia, operasi pasar murah ini dilakukan setiap pekan dan akan berlangsung hingga Hari Raya Idul Fitri nanti.

“Ini bukan operasi pasar yang pertama, tapi setiap minggu kami melaksanakannya. Jadi, mulai dari sekarang sampai Hari Raya Idul Fitri, itu kita lakukan setiap minggu di seluruh Indonesia,” jelas Hendriadi.

Diketahui, pelapasan rombongan distributor operasi pasar murah yang berlangsung di Gedung TTIC BPK Kementan ini ke Pasar Mitra Tani, yakni pasar tradisional Bogor, Depok, Tangerang Selatan, Klender Jakarta Timur, Bekasi dan Kalideres Jakarta Barat. (rls)

Bagikan berita ini:
10
10
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar