Tingkat Pengangguran 2019 di Sulsel Alami Penurunan 5,42 Persen

Senin, 20 April 2020 14:23

Musrenbang Sulsel yang digelar daring

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2019 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2018. Plh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Hari Nur Cahya Murni membeberkan hal tersebut saat menggelar Musrenbang secara online, Senin (20/4/2020).

“Provinsi Sulawesi Selatan berada pada posisi kedua sewilayah Sulawesi, tingkat TPT Sulsel 2019 mencapai 5,42 persen dan berada di atas rata rata nasional yaitu 5, 01 persen,” ucapnya.

Menurutnya penurunan angka pengangguran terjadi karena banyaknya lapangan pekerjaan yang dibuka di berbagai industri.

“Ini menunjukkan sebagian besar tenaga kerja telah terserap dan adanya peningkatan investasi industri dan pembukaan lapangan kerja tentunya jadi faktor utama menurunkan angka pengangguran,” jelasnya.

Sementara itu, presentase penduduk miskin tahun 2019 di Sulawesi Selatan mencapai 8,69 persen dan berada di bawah rata rata nasional 9,22 persen.

Selain itu ketimpangan pendapatan di Sulawesi Selatan cenderung persuasif, menurutnya hari ini menunjukkan ketimpangan pendapatan belum berada di kondisi baik dan perlu ada upaya untuk menurunkan tingkat generasio.

“Secara nasional tingkat generasio Sulsel masih berada di atas rata-rata nasional,” tutupnya. (anti/fajar)

Bagikan berita ini:
7
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar