Warga Mendukung, asal Pangan Terjamin

Senin, 20 April 2020 13:31

Grafis/fajar

Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Sulselbara (Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara) Adrie Massie berharap umat berada di rumah jauh lebih baik.

Uskup Keuskupan Agung Makassar Jhon Liku menyerukan kepada para ummat agar menjaga pola hidup bersih dan beribadah di rumah. “Gunakan masker yang baik, dan hindari bersentuhan dengan banyak orang,” bebernya.

Ketua Persatuan Umat Buddha (Permabudhi) Sulsel Yongris Lao meminta masyarakat saling menjaga dan memperingati antarumat beragama. “Itu untuk kebaikan bersama,” katanya.

Perwakilan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sulsel Ida Pandita Dharma Yadnya Samyoga bersama Ida Pandita Istri Sri Padmi Yogini juga mengajak agar ibadah dan bekerja di rumah saja.

Maslahat Utama

Sekretaris Majelis Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel Abbas Baco Miro menjelaskan dalam persfektif hukum Islam, Islam adalah agama rahmat yang mampu memberikan rahmat kepada umatnya.

Masyarakat diwajibkan taat kepada pemimpin, menghindarkan diri dari bahaya pun termasuk Ibadah. “Beberapa hukum islam dapat berubah disebabkan perubahan kondisi. Termasuk adanya wabah sehingga ada hukum yang berubah,” bebernya.

Dalam beberapa riwayat hadis disampaikan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad saw pernah bersabda; “Jangan kalian mencampurkan antara yang sakit dan yang sehat”.

“Sehingga dari dalil ini jelas, bahwa tidak bersatu atau tidak berkumpul itu, sebagai upaya menghindari dampak buruk covid saat berkumpul,” jelasnya.

Bagikan:
4
4
7

Komentar