Absensi Online, Solusi Praktis Kelola Kehadiran Karyawan di Masa Pandemi Covid -19

Selasa, 21 April 2020 17:21

iLUSTRASI. Absensi Online: Solusi Praktis Kelola Kehadiran Karyawan di Masa Pandemi Covid -19

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Pandemi covid – 19 yang meluas dan implementasi PSBB di beberapa daerah di Indonesia, membuat banyak perusahaan sudah menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Kebijakan ini diambil tentunya untuk mengedepankan kesehatan karyawan, tetapi di sisi lain butuh kesiapan matang dari karyawan dan perusahaan terkait kebijakan ini. Teknologi menjadi salah satu penopang berjalannya operasional bisnis di masa pandemi ini.

Salah satu hal krusial saat menerapkan WFH adalah sulitnya melakukan monitor pada kehadiran karyawan. Absensi sendiri sebagai acuan kehadiran karyawan telah berevolusi dari waktu ke waktu.

Beberapa karyawan yang saat ini masih aktif bekerja, mungkin pernah merasakan absensi menggunakan mesin kartu manual hingga finger print yang mayoritas menjadi andalan saat ini.

Namun di masa ini, absensi manual seperti finger print menjadi tidak relevan dikarenakan karyawan bekerja dari rumah dan HR tidak memiliki basis data untuk melakukan penghitungan gaji.

Banyak perusahaan kemudian menerapkan sistem absensi melalui WA atau aplikasi pesan lainnya di grup kantor dimana proses tersebut kurang praktis dan HR masih melakukan rekapan secara manual.

Dari permasalahan inilah, absensi online kemudian menjadi solusi praktis dan tepat bagi HR untuk mengelola kehadiran karyawan sekaligus melakukan penghitungan gaji di masa pandemi.

Bagikan berita ini:
8
5
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar