Disindir, Marah, Trump: Rendahkan Suaramu!

Selasa, 21 April 2020 09:01

Foto: AP/CBS

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON—Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menegur seorang reporter dan memintanya untuk memelankan suara dalam pers briefing virus corona. Konfrontasi itu terjadi di Gedung Putih pada hari Minggu waktu setempat.

Ini berawal setelah ia ditanyai oleh reporter CBS News, Weijia Jiang tentang pernyataan yang ia buat hari Kamis lalu di mana ia mengatakan ia ‘marah’ karena kebenaran tentang virus itu seharusnya telah diberitahu kepada mereka jauh lebih cepat.

Jiang bertanya kepada Trump: “Banyak orang Amerika mengatakan hal yang persis sama tentang Anda, bahwa Anda seharusnya memperingatkan mereka bahwa virus itu menyebar seperti api sepanjang bulan Februari alih-alih menahan demonstrasi dengan ribuan orang. Mengapa Anda menunggu begitu lama untuk memperingatkan mereka?”

Sebelum menjawab, Trump berulang kali bertanya kepada Jiang tentang dirinya. Setelah Jiang mengidentifikasi dirinya dan afiliasi persnya, Trump mulai menyinggung pembatasan perjalanannya dari Tiongkok, yang mana ia memerintahkan pada 31 Januari.

Namun Jiang menyela presiden dan mengatakan pembatasan hanya berlaku untuk warga negara Tiongkok dan bukan warga Amerika yang pulang dari Tiongkok. Itu tampaknya membuat marah sang presiden. “Bagus dan mudah, bagus dan mudah. Santai saja,” ujarnya.

“Anda adalah presiden. Anda tidak memperingatkan orang-orang bahwa itu menyebar begitu cepat,” lanjut Jiang ketika dia dan Trump mulai berbicara secara bersamaan. “Jadi, apakah Anda mengakui bahwa Anda tidak berpikir itu akan menyebar,” kata Jiang.

“Tolong rendahkan suaramu. Turunkan nada suaramu,” tegas Trump merespons sebelum beralih ke reporter lain sebagaimana dikutip dari laporan Metro.co.uk, Selasa, 21 April hari ini.

Ini bukan kali pertama ketegangan presiden dengan Jiang selama serangkaian konferensi pers coronavirus. Pada 3 April, dia menyerang repoter CBS, mengatakan padanya ‘kamu harus malu pada dirimu sendiri,’ ketika dia bertanya tentang menantu Trump, Jared Kusher.

Trump telah berulang kali berdebat dengan wartawan selama briefing dan juga menargetkan anggota pers lainnya. Pada hari Sabtu, presiden memanggil rekan kerja Jiang, koresponden CBS White House, Paula Reid, ‘sangat memalukan’ karena mengatakan bahwa ia menyia-nyiakan waktu larangan perjalanan Tiongkok. (amr)

Komentar


VIDEO TERKINI