Hebat! Kurang dari Sejam Alat Buatan ITB-Unpad Bisa Deteksi Covid-19

Selasa, 21 April 2020 11:23

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia melalui para Peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (Unpad) saat ini sedang mengembangkan alat tes cepat micro-chip untuk mendeteksi virus corona (Covid-19).

Peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Isa Anshori mengatakan, bahwa alat buatan Indonesia ini akan mampu mendeteksi Covid-19 dalam waktu kurang dari satu jam.

“Untuk proses deteksi dari pengambilan sampel hingga keluarnya data respon dari SPR (resonansi plasmon permukaan) reader, kami perkirakan bisa dalam waktu kurang dari 1 jam,” kata Isa kepada di Jakarta, Sabtu (18/4/2020).

Alat tes diagnostik cepat (rapid diagnostic test/RDT) yang dikembangkan tim dari ITB dan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung itu berbasis teknik resonansi plasmon permukaan atau surface plasmon resonance (SPR) yang akan fokus untuk mendeteksi antigen, yaitu virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19.

“Karena itu, metode ini dapat digunakan untuk deteksi dini (early detection) pada periode awal infeksi berlangsung,” ujarnya.

Dosen Teknik Biomedika ITB ini juga mengatakan, bahwa pengerjaan atau fabrikasi RDT micro-chip untuk deteksi Covid-19 dilakukan oleh tim ITB dan Universitas Padjajaran (Unpad) untuk membantu Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19).

Bagikan berita ini:
4
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar