Imbauan Mudik Tak Ampuh, 3 Juta Orang Diprediksi Tetap Pulang Kampung

Selasa, 21 April 2020 11:31

ILUSTRASI mudik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Imbauan pemerintah agar tidak mudik lebaran, nampaknya tidak mempan. Sekitar 3 juta orang diprediksi memilih tetap pulang kampung pada 24 sampai 30 Mei 2020 mendatang. Setidaknya itulah gambaran dari hasil riset yang dirilis Lembaga Survei Katadata Insight Center (KIC).

“Sebanyak 12 persen responden survei memilih mengabaikan imbauan Pemerintah untuk tidak mudik. Mengingat jumlah pemudik tahun lalu sebesar 18,3 juta orang, maka diperkirakan pada tahun 2020 ini, potensi pemudik mencapai tiga juta orang. Jadi penting diperhatikan mereka yang menyatakan akan mudik dari hasil survei ini,” tegas Direktur lembaga KIC, Mulya Amri Mulya di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Seperti diketahui, Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik tahun ini. Tujuannya supaya penyebaran Virus Corona tidak semakin meluas ke sejumlah daerah.

“Atas dasar itulah, KIC menggelar survei guna mengungkap profil masyarakat yang berpotensi nekat mudik mengabaikan imbauan Pemerintah tersebut,” imbuhnya.

Profil calon pemudik tersebut tercermin dari hasil survei itu. Survei terhadap 2.437 responden pengguna internet di seluruh provinsi di Indonesia tersebut mencatat mayoritas responden sebesar 63 persen tidak akan mudik Lebaran tahun ini. Namun, masih ada 12 persen responden menyatakan ingin mudik. Sementara 21 persen belum mengambil keputusan. Sebanyak 4 persen lainnya sudah lebih dahulu pulang kampung.

Komentar


VIDEO TERKINI