Potensi Corona Ada di Mobil, Begini Cara Mencegahnya

Selasa, 21 April 2020 13:50

Semprot mobil cegah Coronavirus [Dok CARFix].

FAJAR.CO.ID — Mewabahnya Virus Corona jenis baru, Covid-19 yang menyebabkan pandemi Coronavirus Disease secara global telah menimbulkan keresahan di masyarakat. Termasuk di Tanah Air. Bagi yang masih harus bekerja ke kantor karena ketiadaan Working From Home (WFH) sebaiknya hindari menggunakan kendaraan umum untuk meminimalisir kontak fisik dengan banyak orang.

Sehingga mobil pribadi menjadi solusi untuk bepergian di masa pandemi Covid-19, tentunya dengan protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Namun, bukan berarti bepergian menggunakan kendaraan sendiri berarti bebas dari Covid-19.

Rajin membersihkan mobil memakai sabun.

Dikutip dari laman Mitsubishi Indonesia, setidaknya ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah tertularnya Covid-19 di mobil pribadi.

Pertama, sebaiknya pemilik membersihkan mobil secara rutin. Pencegahan di atas terutama berlaku bila pemilik melakukan aktivitas dengan mobil pribadi.

Pastikan selalu menyiapkan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di mobil. Pasalnya, di dalam kendaraan tentunya tidak mungkin untuk mencuci tangan. Gunakanlah sebelum dan sesudah berkendara. Agar lebih praktis, bisa menyediakan cairan pembersih tangan ini dalam kemasan kecil sehingga mudah dibawa.

Sesuai aturan PSBB yang ditetapkan pemerintah, jangan lupa menggunakan masker ketika sedang berkendara. Terlebih kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC yang hanya berputar di dalam kabin. Selanjutnya selalu bersihkan kabin mobil dengan rutin agar tidak ada kuman atau bakteri yang bersarang. Gunakan produk khusus untuk pembersih interior khusus kendaraan roda empat yang banyak dijual di toko aksesoris mobil atau di marketplace.

Berikutnya adalah menyemprotkan anti bakteri ke seluruh penjuru interior mobil. Banyak produk dan bacalah dengan teliti sebelum mengaplikasikan, mengingat sensitivitas tubuh setiap orang berbeda, juga keamanan si produk sendiri terhadap manusia.

Bagikan berita ini:
9
3
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar