Ribuan Nasabah Resah, Koperasi Gagal Bayar

Selasa, 21 April 2020 19:52

Koperasi Gagal Bayar, Ribuan Nasabah Resah KASUISTIKA 21 April 2020, 16:37:02 WIB Koperasi Gagal Bayar, Ribuan Nasabah R...

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Beban anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta saat pandemi Covid-19 bertambah. Hingga kini, belum ada kejelasan perihal prosedur pengembalian simpanan dari pihak pengelola koperasi.

AH, salah seorang anggota KSP Indosurya Cipta, menuturkan, ketidakjelasan pengembalian simpanan tersebut bermula dari informasi gagal bayar yang disampaikan pihak marketing koperasi pada 17 Februari. Informasi itu dibarengi dengan saran untuk mengambil simpanan.

’’Tapi, tiga hari kemudian, dia (marketing) mengabarkan bahwa dana tidak bisa diambil,’’ ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (20/4).

Berselang beberapa hari, KSP Indosurya Cipta mengeluarkan skema penjadwalan ulang pembayaran. Dalam surat dengan nomor 212 itu disebutkan, dana simpanan anggota akan dikembalikan pada September. ’’Itu pun dengan cara diangsur,’’ ungkapnya.

Namun, skema itu dibatalkan pada 15 Maret lantaran ada anggota koperasi yang mengajukan gugatan perdata penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU). ’’Koperasi membatalkan memo yang sudah dibuatnya sendiri,’’ paparnya.

Sejak itu, belum ada kejelasan terkait pengembalian simpanan anggota. ’’Anggota koperasi yang terdampak mencapai ribuan orang di seluruh Indonesia. Dana yang dihimpun lebih dari Rp 10 triliun,’’ imbuh pria yang tinggal di Surabaya itu.

Jawa Pos berupaya menghubungi pihak KSP Indosurya Cipta melalui Direktur Pengelola Suwito Ayub. Namun, hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi dari pihak terkait. Pesan yang dikirim belum direspons. CEO Indosurya Group Henry Surya juga tidak memberikan jawaban ketika dikonfirmasi.

Bagikan berita ini:
4
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar