Stimulus Fiskal untuk UMKM Sebesar Rp150 Triliun Cair Pekan Depan

Selasa, 21 April 2020 14:45

Ilustrasi UMKM

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sempat mengatakan rencana serupa. Pemerintah akan menerbitkan instrumen surat utang dengan nama Pandemic Bonds. Instrumen ini akan digunakan untuk membantu pelau usaha, terutama UMKM yang terdampak Covid-19.

Bendahara negara itu menegaskan, pemerintah akan menggunakan instrumen secara berhati-hati dengan memilih pihak yang memiliki rekam jejak baik. “Artinya, selama ini, dalam meminjam dan membayar kembali, compliance mereka bagus dan dari sisi bayar pajak juga bagus,” ujar dia.

Pandemic Bond sendiri direncanakan diterbitkan pada tahun ini. Harapannya tak terjadi wabah Covid-19 jilid dua dan ketiga. Adaoun fasilitas yang diberikan tergantung pada seberapa lama proses restructuring berlangsung.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan tambahan anggaran sebesar Rp405,1 triliun untuk penanganan Covid-19 dan dampaknya terhadap ekonomi nasional.

Tambahan dana dalam APBN 2020 tersebut dialokasikan untuk belanja bidang kesehatan Rp75 triliun, perlindungan sosial Rp110 triliun, insentif perpajakan dan stimulus kredit usaha rakyat (KUR) Rp70,1 triliun, dan pemulihan ekonomi nasional Rp150 triliun. (din/fin)

Bagikan:
10
4
1

Komentar