Stok Darah Menipis, Pemuda Pancasila MPW Sulsel Gelar Donor Darah

Selasa, 21 April 2020 11:49

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Sulawesi Selatan (MPW PP Sulsel) melakukan aksi donor darah sebagai respon menipisnya stok darah yang ada di Kota Makassar.

Aksi kemanusiaan tersebut dilaksanakan di Cafe Ombak, Jalan Ujungpandang No 6, Makassar, Selasa (21/4/2020)

Ketua panitia, Andi Usman M, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemuda Pancasila melihat kurangnya stok darah yang dimiliki oleh palang merah Indonesia (PMI), di saat adanya musibah besar yakni Covid-19.

“Menurut saya, dengan kondisi demikian kami dari pemuda Pancasila PP MPW Sulsel tertantang, pasalnya masih banyak orang yang tetap harus hidup dengan bergantung pada transfusi darah, seperti pengidap thalasemia. Bahkan, saat ini terjadi peningkatan masyarakat yang terkena demam berdarah,” ungkapnya, Selasa (21/4/2020).

Meskipun saat ini terjadi pandemi Covid-19, kata Usman, aksi donor darah tetap dijalankan dengan tetap mematuhi protokol disaster. Mengingat donor darah merupakan aksi kesehatan yang diperbolehkan dalam PSBB.

“Anjuran pemerintah untuk waspada dengan Covid-19 itu penting. Namun, kebutuhan darah dengan masyarakat mendonorkan darah itu juga suatu hal yang penting demi mempertahankan nyawa orang lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Usman, sebanyak 350 orang sudah mendaftar untuk mendonorkan darah untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan.

“Sebenarnya peserta bisa lebih banyak hanya saja dengan tanggal yang mendekati Ramadan dan tiba-tiba muncul kondisi diberlakukannya PSBB di Makassar, jadi banyak yang mudik,” terangnya.

Komentar


VIDEO TERKINI