Susah Bangun Pagi Selama Kerja di Rumah, Ini Tiga Penyebabnya

Selasa, 21 April 2020 10:11

2. Pola Tidur yang Berubah

“Saking santainya berada di rumah, Anda bisa saja bekerja di atas kasur sambil rebahan. Tidak sedikit yang bahkan jadi ketiduran, dan melek mata di malam harinya. Bisa juga Anda keasyikan nonton film sampai pagi dan bangun kesiangan saat bekerja,” ujar Ikhsan.

Pola tidur yang berubah memang jadi faktor besar yang menyebabkan Anda jadi sulit untuk bangun pagi saat bekerja di rumah.

Untuk mengatasi masalah ini, Ikhsan mengatakan agar para pekerja sebaiknya tetap menerapkan pola tidur yang sama seperti saat bekerja di kantor.

3. Atypical Depression

Atypical depression atau kondisi di mana rasa kantuk dirasakan secara berlebihan juga bisa menjadi alasan lain mengapa Anda sulit bangun pagi saat harus kerja dari rumah.

Menurut Ikhsan, ciri utama gangguan ini adalah Anda terlalu banyak tidur dan tidak pernah merasa cukup.

“Berbeda dengan gejala depresi lainnya, atypical depression tidak diikuti dengan penurunan nafsu makan. Jadi, kondisi tersebut hanya menyebabkan keinginan untuk tidur-menerus,” kata Ikhsan.

Lalu apa dampak yang terjadi jika sulit bangun pagi?

Sulit bangun pagi saat bekerja dari rumah tak hanya membuat pekerjaan menjadi berantakan. Kondisi tersebut juga bisa memicu terjadinya masalah-masalah lain, lho!

Komentar