Usia Produktif Paling Banyak Terpapar Covid -19 di Kota Makassar, Ini Penyebabnya

Selasa, 21 April 2020 15:54

Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Kota Makassar, Usia 41-50 tahun merupakan usia paling banyak terpapar virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, mengatakan usia tersebut merupakan usia produktif manusia bekerja dan keluar rumah.

“Aktivitasnya, kan mereka lebih banyak di luar. Mereka di luar bukan untuk jalan-jalan, tetapi untuk bekerja,” ujarnya kepada Fajar.co.id, Selasa (21/4/2020).

Menurutnya, usia tersebut merupakan usia yang paling banyak melakukan aktivitas di luar. “Selesai bekerja mereka ke cafe atau warkop, ngopi sampai malam,” tambah Naisyah.

Naisyah menambahkan, semakin tinggi umur pasien, semakin tinggi juga angka kematian. Dari data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makassar, sebanyak 3 orang usia 80 tahun yang positif Covid-19, dan ketiganya juga meninggal.

“Bayangkan itu angka kematian usia 80 tahun mencapai 100 persen,” kata Naisyah.

Lebih jauh ia mengatakan, faktor usia sangat memengaruhi kematian pasien di umur 80 tahun tersebut dikarenakan daya tahan tubuh semakin menurun.

“Kalau umur sudah tua, sudah banyak juga penyakit lain selain positif Covid-19, seperti diabetes, demam berdarah, hipertensi,” jelasnya. (ikbal/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI