Andi Iwan Aras Tegaskan Aturan Pelarangan Mudik Harus Dipatuhi

Rabu, 22 April 2020 16:44

Wakil Ketua Komisi V DPR Andi Iwan Darmawan Aras

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Wakil Ketua Komisi V DPR Andi Iwan Darmawan Aras menyampaikan pelarangan mudik tahun 2020 yang digulirkan pemerintah merupakan kebijakan yang tepat.

Presiden Joko Widodo resmi mengeluarkan aturan pelarangan mudik tahun ini. Aturan ini akan mulai berlaku pada Jumat (24/4/2020) mendatang.

Warga yang dilarang mudik ialah mereka yang berasal dari daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta daerah zona merah Covid-19.

Melihat persebaran Covid-19 yang begitu masif, Andi Iwan Aras meminta seluruh masyarakat menunda mudik lebaran tahun ini. Perlu adanya kesadaran bagi semua pihak untuk mematuhi aturan tersebut.

“Perlu adanya konsistensi dan kepatuhan masyarakat yang berniat mudik, untuk menunda dulu setidaknya untuk tahun ini. Tentu kebijakan ini diambil dengan pemikiran dan pertimbangan yang matang, demi kebaikan kita bersama. Agar bencana nasional ini bisa segera diatasi,” kata Iwan Aras saat dihubungi fajar.co.id, Rabu (22/4/2020).

Selain itu ia juga meminta kepada seluruh stakeholder harus ambil bagian termasuk Kemenhub, TNI/Polri dan seluruh element masyarakat dalam menjalankan aturan ini.

Ketua DPD Gerindra Sulsel ini menilai perlu adanya langkah tegas dari pelarangan ini agar semua pihak patuh dan tunduk atas aturan ini.

Jika sampai terjadi arus mudik yang begitu besar, apalagi dari zona merah ke daerah-daerah yang belum terlalu rawan, dikhawatirkan terjadinya penularan dan akan susah untuk diatasi.

Komentar


VIDEO TERKINI