Anies Perpanjang PSBB Sampai 22 Mei

Rabu, 22 April 2020 20:20

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang massa PSBB di Jakarta selama 28 hari. (Dok Diskominfotik DKI Jakarta)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota. PSBB yang akan berakhir pada Kamis (23/4) esok, diperpanjang hingga 28 hari ke depan.

“Pemprov DKI telah mendengar para ahli di bidang penyakit menular dan diskusi Dinas Kesehatan. Maka kami memutuskan memperpanjang PSBB. Jadi diperpanjang 28 hari,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/4).

Dengan begitu, PSBB di Jakarta akan berlangsung hingga 22 Mei 2020. Keputusan ini dibuat Anies mengingat pergerakan kasus Covid-19 di Jakarta masih terus bertambah meskipun PSBB sudah berjalan hampir 2 pekan.

“Kecepatannya relatif tetap dan memang dibelahan dunia yang mengalami kondisi sama pula, semua membutuhkan waktu untuk bisa menyelesaikannya,” imbuhnya.

Kendati demikian, Anies mengutarakan grafik positif terjadi pada aspek pemakaman dengan protap Covid-19. Pada pekan ini jumlahnya relatif turun. Jika pada pekan sebelumnya bisa mencapai 50 pemakaman per hari, pada saat ini rata-rata hanya 30-40 pemakaman per hari.

Lebih lanjut, mantan Mendikbud itu menuturkan, selama pelaksanaan PSBB periode pertama, masih ditemukan banyak pelanggaran. Baik itu yang dilakukan oleh masyarakat, maupun oleh perusahaan yang tetap beroperasi saat PSBB.

Atas dasar itu, Anies berharap pada PSBB periode kedua seluruh pihak bisa lebih disiplin. Karena kedisiplinan itu yang akan mempercepat penyelesaian Covid-19 di Jakarta. “Semakin kita disiplin di rumah, mengurangi aktivutas di luar maka semakin sedikit interaksi, maka semakin sedikit potensi penularan,” pungkas Anies.

Komentar


VIDEO TERKINI