Banyak OTG Pelaku Perjalanan di Rampi, IDP Keliling Desa Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Rabu, 22 April 2020 17:48

FOTO: ISTIMEWA

Fajar.co.id, Luwu Utara — Merespons laporan Dinas Kesehatan Luwu Utara, Bupati Indah Putri Indriani keliling desa melakukan sosialisasi pencegahan covid-19.

Pasalnya, meski menurut data, tak ada satupun Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di kecamatan terpencil itu, namun cukup banyak OTG (Orang Tanpa Gejala) pelaku perjalanan di Kecamatan Rampi.

“Sosialisasi pencegahan covid-19 kita lakukan keliling desa sebagai langkah merespon laporan Dinkes mengenai cukup banyak OTG pelaku perjalanan di Kecamatan Rampi. Untuk itu upaya-upaya pencegahan harus tetap kita lakukan. Sebab lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal paling mudah kita lakukan adalah menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satunya rajin mencuci tangan pakai sabun di bawah air yang mengalir dan mengonsumsi makanan yang bergizi,” terang IDP mengedukasi warga di sela-sela penyaluran bantuan PKH dan program sembako, Selasa (21/4).

Tak hanya karena banyaknya pelaku perjalanan, dari laporan Dinas Kesehatan, tingkat kesadaran terkait pandemi corona di Rampi ini masih kurang. Salah satunya dimungkinkan akibat lokasi yang terisolir. Hal ini dilihat dari masih cukup banyaknya masyarakat yang suka berkumpul, anak-anak usia sekolah yang bermain di luar rumah, dan masih jarangnya warga yang menggunakan masker saat aktivitas luar rumah. Seperti kondisi yang membuat IDP terkejut sebab menemukan masih cukup banyak penerima PKH yang mendatangi Mess Pemda untuk menerima penyaluran PKH, tanpa menggunakan masker. Kepada mereka ini diberikan pemahaman bahwa penyaluran kali ini berbeda dengan penyaluran sebelumnya.

Komentar


VIDEO TERKINI