Besok, Jemaah An-Nadzir Mulai Berpuasa

Ustaz Samir (serban biru) saat menyambut kunjungan aparat kepolisian setempat di Masjid Baitul Muqaddis An-Nadzir.

FAJAR.CO.ID, GOWA -- Jemaah An-Nadzir selalu menjadi daya tarik saat memasuki bulan suci Ramadan. Jadwal puasanya kerap lebih dahulu digelar daripada pemerintah atau pun pihak lainnya.

Jemaah yang bermukim di Kelurahan Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, itu menetapkan tanggal 1 Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada 23 April 2020, besok.

"Estimasi sementara, InsyaAllah hari Kamis (besok) tanggal 23 April 2020, akan memulai puasa penuh," kata Pimpinan Jemaah An-Nadzir, Ustaz Samiruddin Panemmui, kepada fajar.co.id, Rabu (22/4/2020).

Penentuan itu telah melalui beberapa tahap yang selalu dilakukan setiap tahunnya. Pihaknya telah membentuk Tim Tujuh untuk memantau bulan sekitar dua pekan yang lalu.

Tim tersebut juga sudah melaksanakan pertemuan sedikitnya dua kali, setiap selesai salat Jumat. Masing masing Tim melaporkan hasil pemantauannya.

Dari penjelasan para Tim 7, pada prinsipnya pemahaman tentang tata cara dan metodologi pemantauan bulan itu sama dan tidak ada sama sekali perbedaan.

Ustaz Samir melanjutkan, tim sepakat mulai memantau bulan untuk menentukan tiga purnama yakni 14, 15, dan 16 hitungan bulan.

Pada hari Jumat (10/4/2020) masing-masing anggota Tim 7 melaporkan hasil pemantauannya. Hasilnya, tiga bulan purnama 14, 15, dan 16 secara berturut jatuh pada hari Selasa, Rabu dan Kamis. Itu bertepatan dengan tanggal 7, 8 dan 9 April 2020.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...