Iran Sukses Luncurkan Satelit Militer Noor ke Orbit

Rabu, 22 April 2020 14:21

Pengawal Revolusi Islam Iran sukses meluncurkan satelit militer yang dijuluki Noor ke orbit, Rabu (22/4/2020)-- iranian

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) telah berhasil meluncurkan satelit militer ke orbit, Rabu, (22/4/2020).

Satelit yang diberi nama Noor (Cahaya) itu menjadi satelit militer pertama Republik Islam Iran yang berhasil mengorbit pada ketinggian 425 km (624 mil) di atas permukaan bumi yang dibawa Qassed (Utusan). iranpress melaporkan.

Peluncuran satelit militer ini bertepatan dengan HUT IRGC. Diketahui, mendiang pendiri Republik Islam Iran Imam Khomeini, dalam sebuah dekrit kepada Dewan Revolusi pada 22 April 1979, secara resmi mengumumkan pembentukan Korps Pengawal Revolusi Islam.

Peluncuran yang dilakukan oleh Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), terjadi setelah Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami pada Februari lalu, menolak tuduhan yang dikeluarkan oleh AS bahwa pembawa satelit dapat diubah menjadi rudal militer, dan peluncuran Zafar yang gagal baru-baru ini adalah bagian dari program rudal Iran.

“Peluncuran satelit dan pembawa satelit […] tidak terkait dengan [program] rudal”, kata Hatami dilansir iranian.

Dia berjanji bahwa meskipun ada tentangan dari beberapa negara asing, Iran akan terus mengembangkan program satelitnya. Menurut Hatami, sementara kapal induk itu tidak memiliki aplikasi militer, satelit yang pada akhirnya akan dimasukkan ke orbit dapat digunakan untuk tujuan pertahanan oleh Republik Islam.

Komentar itu muncul setelah Iran gagal mengirimkan satelit Zafar (“Kemenangan” dalam bahasa Persia) ke orbit setelah peluncurannya pada 9 Februari karena roket tidak mendapatkan akselerasi yang cukup.

Komentar


VIDEO TERKINI