Kemensos Salurkan Bantuan Tunai Rp600.000 untuk 375 Ribu KK di Sulsel

Rabu, 22 April 2020 10:54

Gerakan sejuta posko relawan jaring pengaman sosial menyerahkan bantuan berupa sembako dan APD

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kementerian Sosial memberikan bantuan tunai kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Diketahui bantuan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak tersentuh seperti bantuan PKH, BPNT atau bantuan lainnya.

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Sulsel Andi Fitriani menuturkan Kemensos mengeluarkan bantuan tunai kepada masyarakat langsung melalui rekening masyarakat yang akan menerima.

“Data yang kami terima terupdate itu sebanyak 375 ribu KK, nilai bantuan itu sebesar Rp.600 ribu perkepala keluarga dan penyalurannya melalui bank-bank pemerintah. BI juga sudah menginformasikan bahwa itu sedang berjalan,” bebernya, Rabu (22/4/2020).

Tidak hanya itu, ia membeberkan bantuan lainnya, untuk 468 ribu KK yang tidak tercover dari data basis terpadu sebanyak 921.394 KK diberikan Rp200 Ribu per KK.

“Bantuan tersebut awalnya 150 ribu. Namun sejak Maret sampai Agustus nilainya Rp 200 ribu,” ungkapnya.

Andi Fitriani mengaku data yang dimiliki Dinsos Provinsi saat ini terus mengalami perubahan karena Dinsos Kabupaten Kota sedang melakukam pemadanan data.

Ia membeberkan dalam pendistribusian bantuan tunai tersebut pihaknya ikut terlibat untuk memantau di bank-bank pemerintah. Sementara itu terkait anggaran Rp16,3 miliar untuk distibusi sembako, Dinsos Sulsel mengklaim penyaluran akan rampung dalam waktu dekat.

“Jadi telah dan sudah ada yang rampung terkait pendistribusian logistik ke 24 kab kota jadi ada yang sudah selesai seperti di zona merah dan ada yang masih berlangsung seperri di Luwu, Toraja,” tutupnya. (anti/fajar)

Komentar