Khofifah Tekankan Ini soal PSBB Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik

KEPUTUSAN BERSAMA: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (duduk tengah) didampingi Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, serta Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Bambang Ismawan (berdiri kiri), Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan, Wagub Emil Elistianto Dardak, dan Sekdaprov Heru Tjahjono setelah pembahasan PSBB di Gedung Negara Grahadi, Minggu (19/4). (ALEX QOMARULLA/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA– Hanya sehari setelah diajukan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyetujui pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

Bentuk konkret pembatasan-pembatasan itu diserahkan kepada pemprov dan tiga pemda tersebut.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, rancangan peraturan gubernur (rapergub) tentang pelaksanaan PSBB sudah selesai. Namun, dia belum mau membuka isinya. Mantan Mensos itu menunggu presentasi rancangan perbup dan perwali hari ini (22/4).

Presentasi berlangsung di Gedung Negara Grahadi pada pukul 10.00. Rancangan perwali Surabaya serta raperbup Gresik dan Sidoarjo akan dibacakan di depan forum. Dampak sosial kawasan PSBB hingga sanksi akan dibahas bersama. ’’Aturan yang tidak selaras harus disesuaikan,’’ katanya.

Khofifah menuturkan, penerapan PSBB harus beriringan. Karena itu, aturannya harus sama dan tidak boleh bertolak belakang. ’’Kami berharap penyesuaian aturan itu tidak membutuhkan waktu lama,’’ tuturnya.

Setelah aturan selaras, Khofifah bakal meneken peraturan gubernur dan keputusan gubernur. Selanjutnya, dua aturan tersebut diserahkan ke setiap daerah. Langkah selanjutnya, Pemprov Jatim bersama tiga pemda akan melakukan sosialisasi selama tiga hari. ’’Setelah itu, barulah PSBB diterapkan,’’ ujarnya. Dengan begitu, PSBB diperkirakan baru terlaksana pekan depan.

Khofifah tidak menyampaikan pola pembatasan yang bakal diterapkan di daerah. Menurut dia, penjelasan itu baru bisa disampaikan setelah semua dasar hukum PSBB provinsi dan tiga pemda sejalan.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar