Komentar Donald Trump soal Kabar Kim Jong Un Sakit

Rabu, 22 April 2020 15:53

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong UN/Reuters

FAJAR.CO.ID, SEOUL– Media pemerintah Korea Utara terkesan diam dengan kabar tentang kondisi kesehatan atau keberadaan pemimpin Kim Jong Un. Padahal, spekulasi internasional mengenai kesehatan Kim Jong Un berseliweran yang menyebutkan ia sakit setelah operasi kardiovaskular.

Media Korea Utara menyajikan citra bisnis seperti biasa, membawa laporan rutin tentang pencapaian Kim, menerbitkan kutipan yang lebih tua atau tidak bertanggal tentang masalah-masalah seperti ekonomi.

Pejabat dan sumber-sumber Korea Selatan dan China yang akrab dengan intelijen AS telah meragukan laporan media Korea Selatan dan AS, sementara Gedung Putih mengatakan mereka sedang memantau masalah tersebut.

Presiden AS Donald Trump, yang mengadakan KTT yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Kim pada 2018 dan 2019 dalam upaya membujuknya untuk melepaskan senjata nuklirnya, mengatakan laporan itu belum dikonfirmasi dan dia tidak menaruh kepercayaan banyak pada mereka.

“Saya hanya berharap dia baik-baik saja,” Trump mengatakan pada konferensi pers Gedung Putih pada hari Selasa. “Aku memiliki hubungan yang sangat baik dengan Kim Jong Un. Dan aku ingin melihatnya bekerja dengan baik. Kita akan melihat bagaimana dia melakukannya. Kita tidak tahu apakah laporannya benar,” kata Trump dilansir channelnewsasia, Rabu (22/4/2020).

Ditanya apakah dia akan mencoba menghubungi Kim untuk memeriksa kondisinya, Trump berkata: “Yah, boleh, tapi saya hanya berharap dia baik-baik saja,” lanjutnya,

Komentar


VIDEO TERKINI