KPK Dalami Pertemuan Harun Masiku dengan Arief Budiman

  • Bagikan

Caleg yang meninggal dunia tersebut yakni Nazarudin Kiemas dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Selatan 1. Nazarudin meninggal dunia sebelum pemilihan berlangsung. Namun, yang bersangkutan mendulang suara terbanyak dan terpilih menjadi anggota DPR. Atas kondisi tersebut, KPU lantas menggelar rapat pleno dan menetapkan Riezky Aprilia, caleg PDIP dari dapil yang sama serta pendulang suara terbanyak kedua, sebagai pengganti Nazarudin Kiemas.

“Ya dia menyampaikan intinya sudah ada surat PDI-P terkait putusan JR MA mohon bisa dijalankan,” kata Arief.

Arief mengungkap, isi surat dari PDIP berisi permintaan agar KPU mengalihkan suara Nazarudin Kiemas kepada Harun Masiku alih-alih menetapkan Riezky Aprilia sebagai PAW. Harun juga merupakan caleg PDIP dapil yang sama dengan Nazarudin Kiemas dan Riezky Aprilia, pendulang suara terbanyak kelima.

“Kebetulan tidak minta tolong yang maksa-maksa begitu, lebih kepada pemberitahuan, mohon bisa ditindaklanjuti, lebih konsultasi, ada surat PDI-P, ada putusan JR MA mohon diperhatikan,” papar Arief.

Hanya saja, Arief menyampaikan pihaknya tidak bisa memenuhi permintaan tersebut kepada Harun. Lantaran, KPU telah menerbitkan putusan yang menegaskan suara milik Nazarudin tak bisa dialihkan kepada Harun.

“Saya jelaskan bahwa KPU sudah bersikap terkait permohonan tersebut dan karena bertentangan dengan perundang-undangan,” kata Arief. (fin)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan