Sebut Gubernur Omong Kosong, John Meninggal Akibat Corona

Rabu, 22 April 2020 18:17

Iluastrasi

FAJAR.CO.ID, OHIO—John McDaniel, dari Marion County di Ohio tidak pernah percaya bahwa virus corona berbahaya. Ia menyebut itu hanya taktik politik saja. Ketika gubernur negara bagian di Amerika Serikat memberlakukan lockdown, ia menyebutnya omong kosong.

Ia bahkan menantang orang-orang untuk membuktikan bahwa COVID-19 memang berbahaya dan pantas ditakuti. Hal mengejutkan kemudian terjadi. Pria berusia 60 tahun itu terpapar virus corona dan meninggal dunia.

Ia meninggal di sebuah rumah sakit di Columbus, Rabu lalu. Jhon McDaniel meregang nyawa akibat Covid-19 hanya sekitar dua minggu setelah dia dinyatakan positif terinveksi virus mematikan tersebut.

Pada 15 Maret, dia mencerca keputusan Gubernur Ohio, Mike DeWine yang yang melakukan pembatasan pergerakan masyarakat dengan tujuan menghentikan penyebaran virus corona. Saat itu, John muncul media sosial.

Melalui Facebook ia menulis: “Jika apa yang saya dengar benar, bahwa DeWine telah memerintahkan semua bar dan restoran ditutup, saya katakan omong kosong! Dia tidak memiliki wewenang itu. Jika Anda paranoid tentang sakit, jangan pergi (ke bar atau restoran).”

John menegaskan, gubernur negara bagian AS itu seharusnya tidak mencegah masyarakat menjalani kehidupannya. Ia dengan lantang mengatakan itu adalah keputusan tak masuk akal. “Kegilaan itu harus dihentikan,” tegasnya.

Dua hari sebelumnya, McDaniel bahkan menyarankan bahwa bahaya yang ditimbulkan oleh virus yang saat ini melanda Amerika hanya dibesar-besarkan. “Apakah ada yang punya nyali untuk mengatakan ini Covid-19 adalah sebuah taktik politik? Buktikan bahwa aku salah,” ujarnya.

Halaman Facebook-nya sejak itu telah dihapus. MailOnline melaporkan, McDaniel meninggalkan seorang istri dan dua anak. Sebelum kematiannya, John menjalankan sebuah perusahaan pemasok peralatan industri.

Dia menjadi penduduk pertama di negara asalnya yang meninggal karena Covid-19. Komisaris Kesehatan Kabupaten Marion, Traci Kinsler mengaku berbelasungkawa pada keluarganya. Dia mengatakan kepada Marion Star: “Atas nama seluruh komunitas Daerah Marion, kami menyatakan simpati kami yang terdalam kepada keluarga dan teman-temannya.”

Kinsler menjelaskan, lockdown yang diputuskan Gubernur DeWine termasuk menutup semua sekolah Ohio untuk sisa tahun akademik, dengan kelas yang akan diajarkan secara online sebagai gantinya. (Metro.co.uk/amr)

Komentar


VIDEO TERKINI