100 Hari Setien di Barcelona, Mimpinya Keliling Desa dengan Tropi Liga Champions

Kamis, 23 April 2020 08:44

Quique Setien muncul di sampul buku Relatos Solidarios mengenakan hidung badut merah/MARCA

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Quique Setien memasuki masa tugas 100 hari di Barcelona. Sejak ditunjuk menggantikan Ernesto Valverde pada 14 Januari lalu, ia harus melalui banyak tantangan di Camp Nou.

Mantan pelatih Real Betis itu mengambil alih tim yang baru saja mengalami kegagalan di Supercopa de Espana di bawah Valverde. Dan setelah kedatangannya, ia harus berurusan dengan masalah cedera beberapa pemain.

Setien sebenarnya bukan target utama Barcelona untuk melanjutkan tugas Valverde. Namun, legenda klub, Xavi Hernandez menolak melatih Lionel Messi dkk. Tawaran untuk Ronald Koeman juga tak disambut pelatih timnas Belanda itu.

Sebagai salah satu dari beberapa penggemar ‘gaya Barcelona’ yang tersedia, Barca pun menunjuk Setien. Saat diperkenalkan ke publik Barcelona secara resmi, Setien menyebut penunjukkannya sangat mengejutkan.

“Semuanya terjadi sangat cepat. Kemarin saya menikmati berjalan-jalan melewati sapi di kota saya, sekarang saya melatih para pemain terbaik di dunia,” katanya setelah perkenalan sebagai pelatih kepala baru Barcelona dikutip dari MARCA. Selama 100 hari tugasnya, Setien sudah memimpin Messi dan kawan-kawan melakoni 12 pertandingan. Hasilnya; ia mempersembahkan delapan kemenangan, satu kali imbang dan tiga lainnya berakhir dengan kekalahan. Sejak bertugas di Camp Nou, Setien tidak bisa menggunakan seluruh potensi Barca. Beberapa pemain absen karena cedera, termasuk Ousmane Dembele, Arthur Melo, Jordi Alba, Neto, Luis Suarez, Sergi Roberto dan Arturo Vidal. Ketidakhadiran sejumlah pemain memaksa Setien harus memutar otak dalam menentukan formasi. Skema khas klub, 4-3-3 pada beberapa kesempatan ia tinggalkan. Selain karena cedera, juga untuk penyesuaian taktik. Ia juga mempromosikan pemain tim B, meski tidak memberi banyak waktu bermain kepada mereka. Hanya Riqui Puig dan Alex Collado yang menginjak lapangan di bawah Setien. Sementara yang lain seperti Inaki Pena, Ronald Araujo, Chumi, Rey Manaj, Abel Ruiz dan Sergio Akieme hanya menjadi pelengkap di bangku cadangan. Saat ini, Setien menghabiskan lima minggu tanpa memimpin sesi latihan timnya akibat wabah virus corona. Meski begitu, Setien tidak berhenti membuat rencana masa depan. “Saya bermimpi berjalan dengan trofi Liga Champions di sekitar (desa saya) Liencres dan menunjukkannya kepada sapi,” katanya baru-baru ini. Setien yang didapuk menulis prolog edisi terbaru dari buku ‘Relatos Solidarios’, yang dibuat jurnalis olahraga di Barcelona menegaskan, pikirannya dipenuhi rencana untuk menyambut kompetisi yang saat ini dihentikan. Saat ini, Barca memimpin La Liga dan akan menghadapi Napoli di leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Komentar


VIDEO TERKINI