Dampak Pandemi Covid-19, Pemkab Bebaskan Pajak dan Retribusi Daerah

Kamis, 23 April 2020 21:15

Asdar Amal Darmawan

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Pemkab Sinjai mengeluarkan kebijakan di tengah dampak pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut berupa pembebasan pajak dan retribusi daerah di beberapa sektor.

Pembebasan pajak berdasarkan Surat Edaran Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa Nomor 20 Tahun 2020 pertanggal 22 April 2020. Untuk pembebasan pajak yakni pajak hotel, restoran, hiburan, dan pajak air bawah tanah.

Sementara retribusi terhitung mulai 24 April hingga 31 Mei berupa retribusi pelayanan pasar, retribusi pasar grosir atau pertokoan, rumah potong hewan, persampahan dan kebersihan.

Lalu tempat rekreasi dan olahraga, retribusi izin mendirikan bangunan dan retribusi pemakaian kekayaan daerah khusus untuk jenis penerimaan penyewaan dedung pertemuan.

“Pemerintah memberi keringanan dengan pembebasan pajak daerah dan retribusi untuk sementara waktu dalam penanganan dampak ekonomi akibat pandemi corona di Sinjai,” kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sinjai, Asdar Amal Darmawan, Kamis (24/4/2020).

Untuk retribuasi tempat rekreasi dan olahraga diberlakukan sejak surat edaran pertama pada saat penetapan status daerah di pertengahan bulan Maret lalu.

“Semoga ini bisa memberikan bantuan kestabilan kondisi ekonomi di masa pandemi Covid-19 dan untuk menjaga nilai atau daya beli masyarakat kita,” kuncinya. (sir)

Komentar


VIDEO TERKINI