Di Rampi, IDP Minta Refocusing Kegiatan dan Realokasi APBDes Dipercepat untuk Penanganan Covid-19

Kamis, 23 April 2020 09:38

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA– Tak sekadar keliling desa sosialisasi pencegahan covid-19, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani meminta untuk mempercepat refocusing kegiatan dan realokasi APBDes untuk percepatan penanganan covid-19 di Kecamatan Rampi.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Misbah yang turut mendampingi Bupati Indah pada kunjungan kerja, Selasa (21/4) kemarin, langsung menggelar rapat bersama Camat Rampi Suryadi dan para kepala desa.

“Sesuai instruksi ibu bupati, kita akan melakukan percepatan penyaluran dana desa tahap I. Khusus di Rampi, APBDes dari 6 desa belum selesai diasistensi. Di sisi lain pada tahap 1 ini, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa dan PDTT No.8 Tahun 2020 segera cair dengan tiga sasaran utama yakni penanganan covid-19, Padat Karya Tunai (PKT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT),” kata Misbah.

Misbah berharap, dana desa tahap I bisa segera cair paling lambat pada minggu pertama bulan Mei mendatang.

“Sehingga masyarakat bisa merasakan langsung manfaatnya, baik PKT maupun BLT. Serta penanganan covid-19 yang akan dikelola tim relawan desa yang dibentuk di seluruh desa di Rampi. Hasil rapat kami bersama bahwa BPD (Badan Permusyawaratan Desa) diharapkan untuk membantu mengawasi jalannya Pemerintah Desa sehingga hal-hal yang terkait dengan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dan APBDes segera diselesaikan. Kami juga meminta pendamping lokal desa untuk memastikan seluruh proses sesuai dengan mekanisme dan pencairannnya,” terang Misbah.

Komentar


VIDEO TERKINI