Disiplin dan Bersatu

Kamis, 23 April 2020 21:13

Itji Diana Daud

Oleh Itji Diana Daud

Bulan Ramadhan segera akan kita jalani, untuk melatih diri berperilaku sesuai perintah Allah SWT.

Imbauan bapak Jokowi agar jangan mudik. Selain menahan nafsu tidak makan dan minum pada siang hari, juga menahan nafsu untuk bertemu dengan sanak keluarga demi memutuskan penyebaran covid-19, tidak tertular dan tidak menularkan.

Sholat Tarwih, buka puasa, bahkan sholat Idul Fitri pun mungkin dikerjakan di rumah saja. Masyarakat Harus disiplin dan bersatu membatasi diri secara fisik #di rumah saja ! Kerja dari Rumah #

Tapi di rumah pun kita masih perlu hidup bersih, cuci tangan, pakai masker dan mandi yang bersih.

** Pandemi Covid-19 menimbulkan banyak dampak, salah satunya adalah kesehatan mental. Sebagian besar masyarakat mulai dilanda kecemasan. Jika tingkat kecemasan tinggi akan stress dan menurunkan imunitas diri. Sumber kecemasan didapatkan dari informasi / berita tertinggi dari HandPhone.

Oleh sebab itu bulan ramadhan ini, kita perlu juga mendisiplinkan diri untuk tidak menerima, membaca dan meneruskan informasi yang masuk ke HandPhone kita, yang tidak jelas kebenarannya terutama tentang pandemic Covid-19.

* Seorang pakar Sosiologi dan rektor UNHAS Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu mengemukakan dalam tulisannya di Kompas tanggal 20 April bahwa serangan Covid-19 diikuti dengan Coronavirus-infodemic dan Hiper-realitas Covid-19. Coronavirus-infodemic adalah mis –informasi tentang Covid-19 dan ketidak percayaan kepada pemerintah dalam penanganannya.

Komentar


VIDEO TERKINI