Hilal Terlihat, Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan 1441H Jatuh pada 24 April 2020

Kamis, 23 April 2020 20:47

ILUSTRASI

Data astronomis (hisab) ini kemudian dikonfirmasi melalui rukyatul hilal yang dilakukan pada 82 titik di 34 provinsi di Indonesia. Menurut Menag, ada enam petugas rukyat yang menyampaikan kesaksiannya di bawah sumpah, bahwa mereka melihat hilal. Petugas rukyat tersebut melihat hilal pada lokasi pemantauan di Gresik (2 orang), Pasuruan dan Bojonegoro (3 orang).

“Setidaknya ada enam petugas rukyat yang menyampaikan kesaksiannya telah melihat hilal,” imbuh Menag.

Oleh karenanya, kata Menag, dengan dua hal tadi, mengetahui posisi hilal dan mendengar kesaksian petugas, maka seluruh peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan 1440H, jatuh pada Jumat, 24 April 2020.

Berikut daftar petugas rukyat yang memberi kesaksian melihat hilal awal Ramadan 1441H:

  1. KH Ihwanuddin (45), anggota Lembaga Falak PCNU Gresik, Jawa Timur.
  2. KH Ach Asyhar (55), guru Pesantren Al Fatih Surabaya. Keduanya memberi kesaksian telah melihat hilal dan telah disumpah oleh Drs H Muchiddin, Hakim Pengadilan Agama Kab Gresik.
  3. Shofiul Muhibbin Umar (51), guru Ponpes Sidogiri menyatakan melihat hilal dan telah disumpah Dr HM Arufin SH MHum, Hakim Pengadilan Agama Kab Pasuruan, Jawa Timur.
  4. KH Moch Tuhri (69), wiraswasta asal Bojonegoro, Jawa Timur.
  5. Ardana Himawan (32), PNS Kemenag Kab Bojonegoro, Jawa Timur
  6. Malik (56), anggota Badan Hisab Rukyat Kab Bojonegoro Ketiganya menyatakan telah melihat hilal dan telah disumpah oleh Drs H Bahrul Ulum, Hakim Pengadilan Agama Kabupaten Bojonegoro. (ful)

Bagikan berita ini:
2
7
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar