Kemensos Percepat Penyaluran Bansos untuk Penyandang Disabilitas

Kamis, 23 April 2020 09:13

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Kementerian Sosial mulai menyalurkan bantuan kepada kelompok rentan di tengah pandemi Covid-19, salah satunya kepada penyandang disabilitas.

Sejak awal April, Kemensos telah menyalurkan 700 paket sembako kepada penyandang disabilitas di Jabodetabek. Penyaluran ini dilakukan di Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi melalui 22 Lembaga Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas (LKS-PD) Organisasi Penyandang Disabilitas (OPD). Bantuan sembako ini berupa paket lauk pauk, makanan anak dan makanan siap saji.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Harry Hikmat mengungkapkan keprihatinannya terhadap masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19 ini.

“Mereka kesulitan mengakses sembako dalam kondisi pandemi Covid-19 ini. Paling tidak Kemensos ikut berbagi meringankan beban yang mereka alami,” ucap Harry Hikmat dalam keterangan pers, Rabu (22/4/2020).

Kemensos kemudian melanjutkan penyaluran bantuan untuk penyandang disabilitas. Kali ini sebanyak 6.839 paket sembako disalurkan kepada penyandang disabilitas di wilayah Jabodetabek.

Proses penyaluran dilakukan di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Tan Miyat Bekasi dan disalurkan melalui 8 Instansi Sosial, 20 LKS dan 13 OPD.

“Selain melibatkan panti-panti sosial atau LKS, kami juga melibatkan OPD dalam penyaluran bantuan bagi penyandang disabilitas ini, sebagai wujud komitmen Kementerian Sosial untuk memastikan bahwa dalam situasi terdampak Covid-19 ini ada upaya untuk meringankan beban pengeluaran penyandang disabilitas dalam memenuhi kebutuhannya”, jelasnya lagi.

Komentar


VIDEO TERKINI