Larangan Mudik, Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Bersinergi

Kamis, 23 April 2020 19:05

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Berkenaan dengan pelarangan mudik tahun ini yang disampaikan Presiden Joko Widodo, berkenaan upaya untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 diapresiasi berbagai kalangan.

Di temui di sela pembagian APD Anggota DPR RI bersama DPRD Sulsel siang tadi, Anggota DPR RI dari PPP, M Aras menyampaikan, pelarangan mudik harus dibarengi dengan persiapan-persiapan matang. Baik secara aturan ataupun tindakan tegas bagi mereka yang melanggar.

“Implementasi pelarangan ini segera diberlakukan guna mencegah masyarakat yang berusaha mudik sebelum puasa atau sebelum lebaran,” kata Aras.

Selain itu, pemerintah juga harus mendata masyarakat yang tidak mudik kemudian menjamin biaya hidup mereka. Jangan sampai warga tidak punya penghasilan selama puasa hingga lebaran kemudian malah tidak bisa makan dan tak mudik.

Aras yang juga Ketua DPW PPP Sulsel ini menyampaikan pelarangan mudik ini tentu bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Oleh karena itu pemerintah pusat harus bersinergi dengan pemerintah daerah agar jangan sampai ada “penumpang gelap” atau mereka yang memaksakan diri mudik kemudian bisa lolos dan sampai ke daerah mereka. “Apalagi dengan tanpa pemeriksaan dan pengawasan di tingkat daerah,” beber Aras. (nur)

Komentar


VIDEO TERKINI