Muncul Isu Pemakzulan Jokowi, Emrus Sihombing: Bersabarlah

Kamis, 23 April 2020 10:53

Analis politik Emrus Sihombing

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Analis politik Emrus Sihombing ikut mencermati isu wacana impeachment atau pemakzulan terhadap Presiden Jokowi, dari segelintir aktor politik di tengah upaya negeri ini mencegah penyebaran COVID-19 dan menangani dampak virus corona jenis baru itu.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner ini, isu yang beredar di medsos tersebut tidak lebih dari sekadar politik testing the water.

“Mereka ingin memantik dan sekaligus melihat respons opini publik terhadap isu impeachment yang mereka lontarkan,” ucap Emrus, Rabu (22/4).

Selain landasan fakta, lanjut Emrus, data dan bukti yang menyertai isu impeachment sama sekali tidak kuat.

Momentum dan konteks sosialnya pun tidak tepat. Itu sebabnya wacana tersebut tidak mendapat tempat di hati masyarakat.

Hal itu, katanya, karena mayoritas publik lebih tertuju pada isu-isu produktif penanganan Covid-19, dan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat yang sudah menjadi agenda utama pemerintah pusat dan kepala daerah di semua tingkatan.

Emrus juga mengamati bahwa perbincangan dan opini publik sangat sejalan dengan agenda dan program pemerintah yang tengah bergulat melawan corona, sehingga publik cenderung mengesampingkan isu impeachment itu sendiri.

“Melihat realitas sosial tersebut, aktor politik yang mengangkat isu impeachment pasti tidak happy. Akibatnya, isu yang mereka lontarkan layu sebelum berkembang. Senasib dengan isu menjelang Pilpres 2019 tentang #2019GantiPresiden, hilang ditelan badai,” ucap pengajar di Universitas Pelita Harapan ini.

Komentar