Pengusaha dapat Stimulus, Warga Diberi BLT Rp800 Ribu

Kamis, 23 April 2020 10:43

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Warga yang terdampak Covid-19 akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah. Totalnya Rp800 ribu setiap kartu keluarga (KK).

Total anggaran untuk penanganan Covid-19 di Bone ada Rp82 miliar. Untuk kesehatan Rp20,6 miliar, penanganan dampak ekonomi Rp27,5 miliar, Jaring Pengaman sosial Rp33,9 miliar.

“Bantuan Langsung Tunai itu sudah ada petunjuknya. Ada bantuan dari pusat, ada juga melalui dari APBD. Itu kita bagi supaya tidak tumpang tindih,” kata Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, Kamis (23/4/2020).

Kata dia, Data Tenaga Kesejahteraan Sosial (DTKS) mencakup semua data orang miskin di Bone. Itu ada yang dapat sembako, ada juga PKH. Ada juga sama sekali tidak dapat.

“Yang itulah nanti akan dapat dari presiden Rp600 per KK, ada juga tambahan dari desa Rp200 ribu per desa, yang kelurahan bersumber dari APBD,” tambahnya.

Bupati dua periode itu menuturkan pihaknya juga tengah menyiapkan anggaran untuk para perusahaan yang kolaps, pengusaha yang merugi. Itu nantinya akan disalurkan pasca wabah virus korona ini telah terkendali.

“Itu akan disuntik kembali pendanaan bagi perusahaan yang bangkrut, pelaku UMKM. Itu sekedar kepedulian pemerintah. Dan sudah dianggarkan,” jelas Fahsar.

Merujuk pada data Dinas Sosial Kabupaten Bone, ada 26.901 warga yang bukan penerima PKH terbagi di 27 kecamatan. Bantuan Langsung Tunai (BLT) itu juga nantinya diprioritaskan kepada mereka. “Kami prioritaskan bagi orang miskin yang non PKH dan BPNT,” ucap Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bone, Andi Promal Pawi

Komentar


VIDEO TERKINI