Sambut Ramadan, Habib Rizieq: Zona Merah, Salat Tarawih di Rumah Saja

Kamis, 23 April 2020 19:12

Habieb Rizieq Shihab.

FAJAR.CO.ID — Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, mengeluarkan maklumat terbaru kepada seluruh umat Islam yang ada di Indonesia. Itu dalam menyikapi pandemi corona yang terjadi pada bulan Ramadan.

Menurut dia, untuk penyelenggaraan ibadah salat tarawih bisa dilakukan di rumah, tanpa perlu di masjid.

“Khusus di zona merah bisa di rumah saja, jangan di tempat umum seperti masjid, dan musala,” kata Habib Rizieq yang disampaikan Damai Hari Lubis selaku kuasa hukum, melalui pesan yang diterima JPNN (grup FAJAR), Kamis (23/4/2020).

Hal yang sama juga berlaku untuk ibadah salat Jumat. Habib Rizieq yang kini masih berada di Arab Saudi berharap umat Islam menahan diri dan menggantinya dengan salat zuhur di rumah masing-masing.

“Tetapi, bagi kawasan yang masih zona hijau, ibadah salat tarawih dan salat Jumat tetap digelar di masjid sesuai syariat agama,” tambah dia.

Kemudian, khusus untuk marbut, muazin, dan imam di masjid yang ada di zona merah tetap melakukan azan, ikamah, dan salat berjemaah dengan protap yang telah ditetapkan pemerintah untuk mencegah virus corona.

Namun, harus secara terbatas dan menjaga jarak. Masyarakat yang ada di sekitar masjid pun tak perlu ikut berjemaah, tetapi tetap salat di rumah.

“Kepada umat muslim mari hidupkan pertahanan melalui ronda dan siskamling di seluruh Indonesia guna menjaga keamanan,” sambung Habib Rizieq. (JPNN)

Komentar