Selama PSBB, Dukcapil Tutup Sementara Pelayanan eKTP dan KIA

Kamis, 23 April 2020 12:09

FAJAR.CO.ID MAKASSAR — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar menutup pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dan Kartu Indentitas Anak(KIA) untuk sementara waktu.

Hal tersebut menyusul penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar yang akan dilaksanakan mulai 24 April hingga 7 Mei mendatang.

Kadisdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari mengatakan, hal tersebut demi menjaga physical distancing mengingat pembuatan blangko KTP dan KIA menggunakan blangko berbeda.

“Khusus KTP elektronik dan KIA untuk sementara kami tidak bisa lakukan karena ada kontak fisik dan tidak bisa dicetak sendiri karena blangkonya berbeda kami tidak bisa kontak, kami pending semua dulu,” ujarnya, kepada Fajar.co.id, Kamis (23/4/2020).

“Kami tunggu wabah covid – 19 berangsur angsur normal sebelum melayani kembali. Pokoknya KTP Elektronik dan KIA untuk sementara kami pending karena itu ada kontak,” katanya melanjutkan.

Sementara itu untuk dokumen lain selain KTP elektronik dan KIA, kata dia, tetap bisa dilakukan melalui online.

“Sekarang sudah berlaku Permendagri 109 tahun 2019 bahwa semua hasil dokumen hasil dari pelayanan dukcapil kecuali KTP el dan KIA ya semua dicetak di kertas HVS 80 gram ukuran A4 Jadi mereka bisa mengerjakan sendiri dari rumah kemudian dari hasilnya nanti itu prosesnya akan dikerjakan di capil dan hasilnya akan dikirimkan ke nomor WA diisi sebelumnya,” terangnya.

Bagikan berita ini:
8
10
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar