Gelombang Kendaraan Mudik, 1.181 Kendaraan Dipaksa Balik Kanan

Jumat, 24 April 2020 11:37

lustrasi PSBB di Jakarta pada bulan Ramadan 2020 (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Operasi Ketupat 2020 telah dimulai sejak Jumat (24/4) pukul 00.00 WIB. Semua kendaraan pribadi maupun angkutan umum pengangkut penumpang dilarang meninggalkan atau masuk Jabodetabek.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat, gelombang kendaraan mudik ke luar Jabdetabek masih cukup tinggi.

“Sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 05.00 WIB tercatat ada 1.181 kendaraan yang diputarbalikkan (balik kanan),” Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Jumat (24/4).

Yusri melanjutkan, operasi semalam difokuskan di dua titik penyekatan. Yakni Gerbang Tol Cikarang Utama dan Bitung. Total kendaraan yang diputar balikan oleh petugas di Cikarang Utama yakni 498 kendaraan. Sedangkan di Bitung 683 kendaraan.

Sebelumnya, Polri memastikan akan menjalankan keputusan pemerintah yang melarang warga mudik pada musim lebaran tahun ini. Sebagai tradisi tahunan, Polri akan tetap melaksanakan Operasi Ketupat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, operasi ketupat tahun ini akan sedikit berbeda. Karena akan dijalankan sejak hari pertama bulan Ramadan.

“Operasi terpusat yang biasanya dilaksanakan H-7 sampai H+7, artinya kita ajukan mulai nanti hari pertama atau awal Ramadan. Kita laksanakan sampai H+7,” kata Argo kepada wartawan, Rabu (22/4). (jpc/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI