Imbas Corona, Bandara dan Pelabuhan Tutup Sementara

Jumat, 24 April 2020 19:52

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Usai Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan larangan untuk mudik guna mengurangi penyebaran virus corona di Indonesia, Pemerintah memutuskan menghentikan sementara layanan transportasi udara penumpang sejak 24 April-1 Juni 2020. Sedangkan untuk Pelabuhan sampai dengan 8 Juni 2020.

Hal itu diungkapkan Plt Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Arafah. Menurutnya, dengan adanya kebijakan larangan mudik maka pemerintah untuk sementara menghentikan layanan transportasi udara dan laut, serta pembatasan jalur darat

“Iya benar, tidak ada operasional di Bandara dan Pelabuhan. Mereka yang telah terlanjur memesan tiket bisa melakukan refund. Dan badan usaha penerbangan bisa mengembalikan dengan tunai atau voucher,” ucap Arafah (24/4/2020).

Menurutnya, walaupun larangan untuk layanan penumpang komersil ditiadakan sementara. Namun, untuk kargo barang dan pejabat tinggi negara di Bandara masih tetap dibuka pelayanan, termasuk juga di Pelabuhan kapal penyeberangan barang yang memuat kargo, kontainer masih tetap beroperasi.

“Khusus untuk kargo barang masih akan tetap beroperasi. Sejauh ini tetap dipantau, di sana kami ada petugas yang terus melakukan koordinasi,” ujarnya

Terkait apakah akan ada perpanjangan penutupan operasional Bandara dan Pelabuhan. Arafah menyebutkan bahwa semua tergantung kondisi pandemi saat ini, dan kebijakan pemerintah pusat.

“tergantung kondisi pandemi ini, tapi inikan masih lama,” terangnya.

Komentar