Kartu Pekerja Tak Jamin Warga Dapat Pekerjaan, Sukamta: Hentikan Segera

Jumat, 24 April 2020 14:38

Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sukamta-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukamta mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar segera menghentikan rencana pelatihan online program Kartu Prakerja. Pasalnya proyek itu dianggap tidak efektif di masa pandemi virus Korona atau Covid-19 ini.

“Hentikan segera, dan bekukan dulu dana yang sudah disalurkan ke 160 ribu peserta tahap pertama. Saya harap pemerintah jangan menutup telinga terhadap berbagai kritik dan masukan terhadap rencana pelatihan online program Kartu Prakerja,” ujar Sukamta kepada wartawan, Jumat (24/4).

Menurut Sukamta, di saat seperti ini mestinya pemerintah fokus untuk mengatasi segera Covid-19 yang hingga hari ini terus terjadi peningkatan jumlah kasus dan menyebar semakin luas di banyak kabupaten dan kota.

“Jika Covid-19 ini tidak segera tertangani, maka dampaknya akan semakin berat dan dalam terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat. Pelatihan kerja online ini termasuk kegiatan yang sifatnya tidak mendesak, bisa dilakukan setelah pandemi berakhir,” katanya.

Sukamta juga mengatakan, ada banyak persoalan dari program Kartu Prakerja. Pertama, salah sasaran. Jika ini sebagai jaring pengaman sosial mestinya hanya menyasar yang kehilangan pekerjaan, sementara program ini bisa menyasar siapa saja yang usianya di atas 18 tahun tidak sedang mengenyam pendidikan.

Bagikan berita ini:
10
4
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar