Keliru Parah… Warga Mengira, Posko Covid-19 di RS Sayang Bunda Sebarkan Virus Lewat Udara

Jumat, 24 April 2020 17:22

RS Sayang Bunda sempat jadi sasaran pelemparan oleh oknum yang keliru memahami covid-19.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejak awal pembangunan posko relawan penanganan covid-19 di RS Sayang Bunda, Kota Makassar, warga sekitar melakukan protes.

Dari aksi protes itu, diduga menjadi awal mula peristiwa pelemparan jendela kaca di rumah sakit tersebut terjadi, pada Selasa malam, (21/4/2020) sekitar pukul 23.30 Wita kemarin.

Pemikiran yang dianggap keliru, keluar melalui mulut warga yang protes. Mereka mengira, covid-19 dapat menyebar melalui embusan angin, dari pembangunan posko saat memeriksa pasien.

“Saat warga protes, orang yang diperiksa di posko tersebut katanya virusnya bisa menyebar melalui angin atau udara. Padahal dalam medis tidak ada sejarahnya seperti itu,” pungkas Koordinator Relawan Medis Covid-19, Basuki Cahyo Nugroho saat ditemui, Jumat (24/4/2020).

Dia dan seluruh relawannya prihatin dengan pemikiran warga tersebut. Niat baik untuk mendeteksi dini penyebaran virus, malah mendapat penolakan dari warga sekitar.

Namun, Basuki enggan terlalu memublikasikan peristiwa pelemparan oleh OTK tersebut. Dia hanya ingin tetap menjalankan tugasnya sebagai tenaga medis, sebagai pasukan terdepan dalam melawan covid-19.

Sementara itu, aparat kepolisian dari Polsek Rappocini pun telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), dalam kasus tersebut. Sejumlah saksi telah dipanggil atas peristiwa itu.

Dan saat ini, polisi belum menemukan pelaku pelemparan tersebut, yang diduga imbas dari pembangunan posko relawan di rumah sakit yang terletak di Jalan Hertasning.

Komentar


VIDEO TERKINI