Pemain Cemas Liga Spanyol Segera Dilanjutkan

Jumat, 24 April 2020 11:18

La Liga/US Soccer Players

FAJAR.CO.ID, MADRID—Tiga skenario diputuskan La Liga untuk kembali melanjutkan kompetisi. Kemungkinan mulai kembali yakni tanggal 28 Mei, 6 Juni atau 28 Juni mendatang.

Kabar itu membuat beberapa pemain cemas. Dengan situasi Spanyol yang saat ini masih lockdown, mereka meminta penyelenggara liga tidak terburu-buru. Apalagi kalau itu dimaksudkan untuk menghindari masalah keuangan.

“Semua orang ingin bermain sepak bola, tetapi yang paling penting adalah semua orang tetap aman, kami tidak ingin kembali terlalu dini. Kami harus memastikan semuanya dilakukan dengan aman sehingga kami menghindari gelombang kedua virus ini,” kata pemain Real Madrid, Gareth Bale kepada BT Sports.

Serikat pemain Spanyol (AFE) setuju dengan pandangan Bale. “Tanyakan pada diri Anda apakah ini benar-benar ide yang bagus. Apakah aman? Bukankah perhatian utama kami adalah keselamatan semua orang?” tegas Diego Lopez, penjaga gawang Espanyol.

Gelandang Barcelona dan Spanyol Sergio Busquets juga skeptis pada tanggal yang diusulkan. Menurutnya, memang itu bisa dilakukan. Misalnya ketika berlatih. Namun, itu akan sangat sulit dilakukan saat pertandingan.

Yang lain secara terbuka menantang rencana ini. “Saya mendengar hal-hal tentang 4 Mei atau 11 Mei. Tidak mungkin saya akan kembali ke pelatihan (saat itu), saya juga tidak akan bermain. Saya akan mengatakannya langsung kepada Anda sekarang,” kata Rafael Jimenez, bek tengah Cadiz.

Sementara pemain Athletic Bilbao, Ander Capa lebih terbuka untuk kembali ke lapangan. “Saya optimis, saya yakin kami akan memulai kembali dan saya berharap pada Juni kita semua akan bermain lagi,” katanya kepada Radio Popular.

Rafael Ramos dari Asosiasi Dokter Tim Sepak Bola Spanyol mengatakan La Liga berencana untuk kembali dilanjutkan dalam serangkaian tahapan. Termasuk tes yang akan diulang setiap tiga atau empat hari. “Gagasan menurut La Liga adalah untuk menguji semua orang pada 28 dan 29 April,” kata Ramos di radio Spanyol, Kamis ini.

Presiden La Liga, Javier Tebas mengatakan beberapa alternatif sudah mereka siapkan. “Skenario yang sedang kita lihat dapat melihat La Liga dimulai kembali pada 28-29 Mei, tetapi juga bisa 6-7 Juni atau bahkan hingga 28 Juni,” kata Tebas.

Tiga skenario liga untuk kembali ke kompetisi, sejalan dengan UEFA dan liga-liga utama Eropa. Tebas menegaskan tidak ingin memikirkan musim ini dibatalkan mengingat jumlah kerugian yang harus ditanggung begitu besar.

Dalam proses melanjutkan liga, akan ada tiga tahapan yang harus dilalui. Pertama, tahap pelatihan individu, kelompok kecil, dan tim secara utuh. Pemain juga akan menjalani tes antibodi serologi harian dan setiap tes positif berarti pemain harus diisolasi.

Komentar


VIDEO TERKINI