Stok Darah di Luwu Utara Menipis, Kebutuhan 250 Kini Tersedia 120 Kantong

Jumat, 24 April 2020 10:13

Donor darah yang dilakukan PMI Luwu Utara

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA–Stok darah kian menipis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwu Utara Dari kebutuhan darah mencapai 250 kantong setiap bulan, kini hanya tersisa hanya 120 kantong yang tersedia.

Kepala UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, Andi Bahtiar mengatakan, stok darah yang ada di UPT Transfusi Darah sedikit menipis.

”Banyak orang membutuhkan selama pendemi covid-19 ini, ”kata Andi Bahtiar kepada Fajar.co.id, Kamis (24/4/2020).

Dia merinci stok darah yang tersedia untuk golongan darah A sebanyak 16 kantong, stok golongan B sebanyak 42 kantong, stok golongan darah O sebanyak 48 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 14 kantong.

Stok darah yang tersedia ini hanya diperkirakan habis selama ramadan. Untuk itu, PMI Cabang Luwu Utara terus tidak lagi memenuhi permintaan darah ke ke daerah tetangga. Sebeb, kebutuhan dalam daerah saja tidak terpenuhi.

Saat ini, PMI telah menjemput bola dengan menggelar donor darah ke setiap kecamatan. Kemudian, pendonor juga harus diperiksa secara ketat. Pihaknya sangat selektif menerima pendonor. Di Bone-Bone, PMI berhasil mendapatkan 33 kantong darah.

Sementara di Luwu Timur, Personil Polres Luwu Timur melakukan donor darah di Kantor Polres, Malili dan RSUD I Lagaligo beberapa waktu lalu. Donor darah yang diawali Kapolres Luwu Timur, AKBP Indratmoko ini untuk memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit dan puskesmas.

Komentar


VIDEO TERKINI