Tips Menjaga Orang Tua Tetap Aman di Dunia Daring

Jumat, 24 April 2020 10:54

FAJAR.CO.ID– Dalam kurun waktu tiga minggu terakhir, kita telah menyaksikan banyak perubahan dalam hidup. Orang-orang dihimbau untuk hanya meninggalkan rumah jika benar-benar diperlukan, seperti berbelanja kebutuhan primer atau mencari perawatan medis.

Namun, ada banyak teknologi yang tersedia untuk membantu kita mempertahankan ritme kehidupan seperti sebelumnya. Misalnya, layanan seperti Amazon Fresh atau Peapod yang memungkinkan kita untuk memesan barang kebutuhan sehari-hari tanpa harus meninggalkan rumah.

Sayangnya, tidak semua orang dapat memanfaatkannya. Orang-orang yang berada pada risiko terbesar dan paling membutuhkan layanan ini, yaitu mereka yang berusia lanjut. Generasi usia lanjut seringkali mengalami beberapa kesulitan dalam menggunakan alat-alat modern dibandingkan yang berusia lebih muda.

Selain itu, kerabat yang lebih muda dan tech-savvy kini tidak dapat membantu rutinitas mereka seperti biasa karena adanya penerapan jarak sosial dan pembatasan kontak fisik.

Untuk tetap dapat berkomunikasi dan melakukan pembelian barang, generasi usia lanjut kini lebih banyak menghabiskan waktu secara online untuk mencari tahu bagaimana teknnologi bekerja. Kenyataan ini menambahkan daftar tantangan yang berpotensi mereka hadapi, yaitu risiko keamanan siber. Menurut survei Kaspersky baru-baru ini, sebanyak 46% orang yang berusia 55 tahun atau lebih tidak melakukan tindakan khusus untuk melindungi diri mereka secara online.

Hal ini dapat menyebabkan informasi kredensial mereka dicuri atau disebarkan kepada pihak ketiga, karena generasi usia lanjut mungkin memiliki kesulitan untuk membedakan antara kesepakatan asli dan penipuan dari para aktor ancaman yang mencoba mengeksploitasinya.

Komentar


VIDEO TERKINI