Uji Coba ke Manusia Mulai Dilakukan, Ilmuwan Optimis Temukan Vaksin Corona

Jumat, 24 April 2020 19:14

Ilustrasi Covid 19. (int)

FAJAR.CO.ID — Uji klinis untuk membuat vaksin virus corona sedang dilakukan di Inggris dengan uji coba yang dilakukan terhadap manusia.

Beberapa negara lain di Eropa juga melakukan eksperimen serupa, untuk kemungkinan mendapatkan vaksin.

Dua orang relawan menjadi manusia pertama di dunia yang mendapatkan suntikan vaksin di Oxford University di Inggris.

Para ilmuwan yang menangani proyek ini mengatakan mereka sangat optimis uji coba ini akan berhasil.

Edward O’Neill dan Elisa Granato sudah mendapat suntikan ChAdOx1 nCoV-19.

Sementara perusahaan lain di Eropa, termausk Rei Thera di Italia, Leukocare di Jerman, dan Univercells di Belgia mengatakan mereka bekerja sama mengembangkan vaksin lain dan akan melakukan uji coba dalam beberapa bulan mendatang.

Saat ini sudah ada 100 potensi vaksin COVID-19 yang sedang dikembangkan berbagai perusahaan bioteknologi dan tim peneliti di seluruh dunia.

Paling sedikit lima di antaranya sudah mulai melakukan uji coba terhadap manusia, yang biasa dikenal dengan nama fase pertama uji klinis.

Pekan lalu, para ilmuwan Oxford mengatakan produksi vaksin dalam skala besar sudah disiapkan untuk membuat jutaan dosis ChAdOx1 nCoV-19. Bahkan sudah siap sebelum uji coba dilakukan untuk melihat apakah vaksin itu efektif atau tidak.

Profesor Ilmu Vaksin Oxford University Sarah Gilbert mengatakan melihat keberhasilan proyek vaksin lain yang sudah dilakukannya, dia yakin upaya penemuan vaksin COVID-19 juga akan berhasil.

Komentar


VIDEO TERKINI