Banyak Pelanggaran Aturan PSBB Makassar, Legislator: Pemkot Belum Siap

Sabtu, 25 April 2020 20:52

Ari Ashari Ilham

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Makassar telah memasuki hari kedua pelaksanaannya. Sejumlah pelanggaran terhadap aturan PSBB masih marak terjadi. Perkumpulan di warung kopi hingga di ruang publik lainnya masih tampak nyata.

Belum lagi jika menyinggung terkait pendistribusian bantuan sosial berupa paket sembako yang belum tersalurkan dengan baik. Masih banyak warga yang belum dapat bantuan ini.

Bahkan ditemukan puluhan ribu aduan warga yang masuk ke Dinas Sosial lantaran belum tersentuh bantuan.

Melihat kekacauan ini, Anggota DPRD Kota Makassar Ari Ashari Ilham berpandangan Pemerintah Kota sejatinya belum siap menerapkan PSBB.

Menurutnya, kota yang siap membatasi pergerakan warganya tentu telah mengantisipasi dari jauh hari terkait pemenuhan bahan pokok bagi warga tersebut.

“Saya berpandangan pemkot belum siap menerapkan PSBB. Karena kota yang menerapkan PSBB sudah siap dari berbagai aspek mulai dari edukasi kepada masyarakat serta pendistribusian logistik yang merata,” jelas Ari Ashari kepada fajar.co.id, Sabtu (25/4/2020).

Sehingga ketidaksiapan tersebut, lanjut Ari, tentu akan berimbas pada proses serta hasil dari pelaksanannya. Misalnya saja ada himbauan tegas untuk diam di rumah, sementara kewajiban pemerintah memenuhi pangan warga tidak ditunaikan.

“Terkait banyaknya himbauan dari pemerintah kota untuk tetap di rumah saja sementara kewajiban pemerintah belum ditunaikan. Bahkan hingga hari kedua penerapannya pun masih banyak warga yang belum dapat bantuan logistik. Maka yakin dan percaya PSBB adalah kegiatan yang sia-sia,” tegas Ketua Fraksi Nasdem Kota Makassar ini.

Komentar


VIDEO TERKINI