Barisan Veteran: Dari Ibra, Buffon, Pizarro, hingga Hilton

Sabtu, 25 April 2020 21:08

Claudio Pizarro bersama Bremen/ Stuart Franklin/Bongarts/Getty Images

FAJAR.CO.ID, TURIN—Bintang veteran masih mewarnai sepak bola Eropa musim 2019/2020. Mereka bahkan masih menjadi tulang punggung klub mereka di kompetisi terbaik Benua Biru. Siapa saja mereka?

PEMAIN kategori veteran yang paling disorot adalah Zlatan Ibrahimovic. Penyerang yang pada 3 Oktober mendatang akan berusia 39 tahun tersebut bergabung di AC Milan musim dingin lalu dan langsung menjadi andalan lini serang Rossoneri.

Sejak mendarat di San Siro, bomber veteran berpostur 195 cm itu sudah memainkan 10 pertandingan bersama Milan. Di 10 laga tersebut, termasuk delapan pertandingan Serie A, pemain asal Swedia tersebut total mencetak empat gol dan satu assist.

Meski sudah masuk barisan veteran, Ibra belum ingin pensiun. Manajemen Milan bahkan sudah menyatakan keinginan mempertahankan Ibrahimovic. Dan Calciomercato melaporkan Ibrahimovic bersedia menandatangani kontrak baru dengan syarat Milan berinvestasi besar musim panas nanti.

Ibra sendiri bukan pemain tertua Serie A. Status pemain tertua saat ini dipegang kiper Juventus, Gianluigi Buffon. Gigio, sapaan Buffon saat ini sudah berusia 42 tahun. Walau bukan lagi pilihan utama, seperti halnya Ibra, Buffon akan memperpanjang kontraknya bersama Juventus.

Presiden Juventus, Andrea Agnelli sudah meminta Buffon tetap di Stadion Allianz dan memainkan musim ke-26-nya sebagai pemain sepak bola profesional. Dengan usia 43 pada Januari mendatang, ia akan menjadi pemain tertua ketiga yang pernah tampil di Serie A setelah Italo Rossi (52 tahun, 11 bulan, dan tiga hari) dan Marco Ballotta (44 tahun, satu bulan dan delapan hari).

Untuk perpanjangan kontrak saat ini, Gazzetta dello Sport menulis bahwa Buffon sudah diminta oleh Presiden Agnelli. “Kami ingin Anda tetap menjadi salah satu dari kami,” kata Agnelli, menurut surat kabar itu.

Buffon kemudian menjawab dengan mengatakan dirinya bahagia bisa kembali memperbaharui kontraknya. “Jika Anda yakin itu pilihan yang tepat, saya senang untuk melanjutkan,” ujar Buffon dikutip dari Football Italia.

Di Bundesliga Jerman, bintang tua yang masih bermain musim ini adalah Claudio Pizarro. Striker asal Peru itu kembali ke Werder Bremen untuk tugas keempat musim lalu, dan sudah mencetak dua gol di DFB-Pokal musim ini saat usianya sudah 41.

Mewakili La Liga Spanyol, ada nama Aritz Aduritz. Mantan penyerang timnas Spanyol itu masih menjadi salah satu andalan lini serang Athletic Bilbao meski sudah berumur 39 tahun pada Februari lalu.

Aduriz sejak awal musim sudah mengumumkan akan pensiun tahun ini. Namun, Bilbao dilaporkan kembali menawarinya kontrak baru. “Saya percaya sebenarnya itu (pensiun) tidak akan pernah datang,’’ kata Aduriz di Marca.

Dari Liga Inggris, ada beberapa nama yang juga sudah masuk barisan veteran. Mulai dari penjaga gawang Aston Villa, Pepe Reina dan bek Everton, Phil Jagielka yang akan berusia 38 tahun Agustus mendatang, hingga kiper Chelsea, Wilfredo ‘Willy’ Daniel Caballero Lazcano yang 28 September nanti berulangtahun ke-39.

Khusus Willy, sejauh ini ia belum berpikir soal pensiun. Penjaga gawang Argentina di Piala Dunia 2018 itu menegaskan masih sangat menikmati permainan. “Saya merasa senang melakukan apa yang paling saya sukai,” jelas Caballero di Clarin.

Ligue 1 Prancis sementara itu diwakili kapten Paris saint Germain (PSG), Thiago Silva. Tahun ini, bek tangguh Brasil itu akan berusia 36 tahun. Namun, Silva bukan pemain tertua Ligue 1. Di liga Prancis ada sosok Vitorino Hilton da Silva.

Hilton yang juga berasal dari Brasil saat ini berusia 42 tahun. Gelandang klub Montpellier itu bahkan tercatat sebagai pemain tertua di lima liga top Eropa dimana ia akan berumur 43 tahun September mendatang. Di usianya saat ini, ia masih menjadi pilar Montpellier dan sudah memainkan 22 laga di Ligue 1 musim ini. (amr)

PARA VETERAN

Komentar