Di Waduk Bitowa Sore Tadi, Pemuda Berkumpul Tanpa Mengenakan Masker

Sabtu, 25 April 2020 18:50

Para remaja di Waduk Bitowa berkumpul jelang buka puasa. Tampak tidak ada yang mengenakan masker, atau pun menerapkan so...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Waduk Bittowa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar jadi tempat paling asyik berkumpul bagi pemuda dan pemudi saat senja tiba.

Di lokasi itu, juga kerap menjadi ajang balapan liar bagi pemuda di sana. Pantauan hari ini, Sabtu (25/4/2020) pukul 17.30 Wita tak ada yang balapan. Namun, mereka asyik berkumpul meski di tengah pandemi covid-19 ini.

Mereka didominasi oleh remaja yang tidak menggunakan masker. Tidak pula menerapkan social atau pun physical distancing, di hari kedua penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di kota berjuluk Anging Mammiri ini.

Mereka berkumpul melepas canda dan tawa menjelang buka puasa. Di lokasi itu juga, beberapa warga di sana kerap menjadikan waduk tersebut untuk mencari ikan.

Namun yang disayangkan, para pemuda dan pemudi itu justru berkumpul dan mengabaikan imbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja.

Masyarakat diperbolehkan keluar rumah jika keadaan mendesak, atau pun saat hendak membeli menu buka puasa lalu dibawa pulang, atau pun membeli bahan pangan di pasar.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono, mengatakan, mereka yang melakukan aktivitas berkerumun akan dipidana.

“Kami akan bubarkan. Kalau tidak, akan ada sanksi hukumnya. Akan dijerat UU Wabah Penyakit, kemudian UU Karantina Manusia No 6 tahun 2018 atau pasal KUHP,” ungkapnya.

Komentar