Dokter Beberkan Sejak Pandemi Corona, Rumah Sakit Kini Kosong Kehilangan Pasien

Sabtu, 25 April 2020 23:12

dr. Hisbullah, Sp.An, dengan latar belakang ruang perawatan rumah sakit yang tampak kosong. (F: Istimewa)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejak pandemi Corona melanda Indonesia, fenomena unik terjadi di banyak rumah sakit termasuk di Sulsel. dr. Hisbullah, Sp.An, salah seorang dokter yang bertugas di sejumlah rumah sakit di Makassar  menuliskan dalam statusnya jika kondisi ini sebagai fenomena langka. 

Apakah tidak ada lagi orang sakit? Begitu dia mengungkapkan rasa penasarannya. 

Dokter Taufiqul Ande Latief yang sehari-hari bertugas di RS Haji dan sejumlah rumah sakit swasta juga merasakan hal sama. “Semua kosong. Biasanya full, sekarang orang pada takut. Daripada berisiko lebih baik obat jalan,” bebernya.

Pengaruh pandemi corona ini memang begitu dasyat. Bukan hanya rumah sakit yang kehabisan pasien, dokter yang membuka praktek pun hampir semua tutup, tak melayani pasien. Hanya beberapa buka, itupun terbatas. 

Berikut tulisan dr. Hisbullah, Sp.An:

Kemarin saya ke ICU RS Wahidin utk visite, ternyata tinggal satu pasien yg dirawat sementara kapasitasnya 15 tempat tidur. Saatnya foto2 di dalam ICU karena dihari biasa sebelum ada wabah covid  tdk mungkin bisa leluasa ambil gambar karena akan mengganggu privasi pasien. 

Sebelum si kopit ini datang menyerang, ICU ini tdk pernah kosong, satu tempat tidur pun susah didapat. Pasien2 antre utk masuk. 

Sekarang ??? Kosong melompong. Apakah cuma ICU yang kehabisan pasien ??? Tidak. Di ruang perawatan biasa, bangsal2 juga banyak yg kosong, bahkan ada RS yg satu lantai kosong tdk ada pasien. Apakah RS Wahidin saja, tdk. hampir merata di semua RS Makassar. 

Komentar