Liga Belanda Resmi Berakhir tanpa Juara

Sabtu, 25 April 2020 07:59

Eredivisie resmi berakhir/voetbalfestival.nl

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Eredivisie musim 2019/2020 secara resmi berakhir tanpa juara, degradasi atau pun promosi. Itu setelah Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte mengumumkan memperpanjang langkah-langkah lockdown untuk memerangi virus corona.

Dengan perpanjangan itu, semua acara publik termasuk sepak bola profesional dilarang dilaksanakan hingga 1 September. Sekarang, Liga Belanda tidak akan menggelar sembilan pertandingan sisa.

Ini adalah kali pertama Liga Belanda tanpa pemenang liga sejak 1945. Saat ini, Ajax dan AZ sama-sama memimpin klasemen dengan 56 poin dan memiliki rekor head-to-head yang sama. Namun, Ajax lolos ke Liga Champions secara langsung berdasarkan selisih gol mereka. AZ harus berjuang lewat playoff Liga Champions 20-21, sementara Feyenoord, PSV dan Willem II semuanya masuk ke Liga Europa. ADO Den Haag dan RKC Waalwijk sementara itu tetap bertahan karena tidak adanya promosi tim tingkat kedua meski mereka menghuni posisi terbawah. Serie A, di sisi lain, sedang berupaya melanjutkan pelatihan pada 4 Mei dengan maksud untuk memulai kembali permainan pada awal Juni. Namun, Pemilik Sampdoria, Massimo Ferrero menegaskan, situasi saat ini tidak memungkinkan.

“Kami akan terus bercanda sampai ada yang memberi tahu kami bahwa vaksin telah ada, dan baru setelah itu kami akan tenang. Saya akan dengan senang hati melanjutkan musim setelah kami diberikan jaminan dan proposal yang dapat diterima,” kata Ferrero kepada Rai Radio dikutip dari Football Italia. (amr)

Komentar