Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

kurma-foto-hellosehat

FAJAR.CO.ID– Buah kurma yang telah dikenal selama lebih dari 6.000 tahun ini sering hadir menemani indahnya waktu buka puasa di bulan Ramadan.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa buah asal Timur Tengah ini mengandung beragam zat gizi yang mampu menunjang kesehatan tubuh Anda.

“Selain memiliki rasa yang enak, kurma juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat melimpah. Hal ini pula yang membuat banyak orang gemar mengonsumsi buah ini,” kata dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter.

Kurma memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, A, dan C, protein, hingga mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, potasium, magnesium, dan zink. Berkat adanya nutrisi tersebut, buah yang identik dengan warna kecokelatan ini memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menurunkan Kolesterol Tinggi

Buah kurma disebut mampu menurunkan kadar kolesterol, sehingga memperkecil risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Menurunkan Risiko Osteoporosis

Menurut dr. Karin Wiradarma, buah yang umumnya dikonsumsi masyarakat Timur Tengah ini juga bisa menurunkan risiko osteoporosis alias penyakit pengeroposan tulang.

  • Mencegah Sembelit

Dikatakan oleh dr. Karin, kurma memiliki efek laksatif. Ini berarti bahwa buah tersebut mampu memperlancar saluran pencernaan, sehingga sembelit atau konstipasi bisa teratasi.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

Kurma juga diketahui dapat menurunkan risiko diabetes. Ini karena buah tersebut memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan fungsi pankreas di dalam tubuh.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar