Pandemi Corona di Bulan Ramadan, Ulama: Ini Ujian Memperbaiki Kualitas Ibadah

Sabtu, 25 April 2020 12:06

H. Anwar Abubakar, Kakanwil Kemenag Sulsel

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Bulan suci Ramadan tahun ini, cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana manusia diuji oleh sang pencipta melalui wabah yang menyerang hampir seluruh negara tersebut. Menyikapi ini berbagai ulama menyarankan untuk memperbanyak doa dan memperbaiki kualitas ibadah.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, Prof Muhammad Ghalib menuturkan kualitas keimanan manusia diuji di tengah wabah Covid-19 ini.

“Sebagai hamba Allah, manusia diuji oleh Allah untuk mengetahui kualitas iman masing-masing. Ujian itu ada yang menyenangkan dan ada yang menyusahkan,” bebernya, Sabtu (25/4/2020)

Pandemi corona yang melanda Indonesia khususnya Sulsel menjadi salah satu ujian yang harus dihadapi masyarakat. Melihat ini Prof Ghalib menuturkan bulan Ramadan tepat dijadikan untuk banyak meminta pertolongan kepada sang pencipta.

“Wabah ini dapat dipahami sebgai ujian Allah agar manusia sadar akan kelemahannya, bahwa makhluk yang tidak terlihat dengan mata kepala itu justru sangat menakutkan. Karena itu, manusia seharusnya mengambil hikmah dari peristiwa ini dengan selalu berdoa dan taat kepada Allah sebagai mahluk yang lemah,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, Anwar Abubakar menuturkan, dengan adanya wabah ini bukan menjadi penghalang untuk manusia tetap berbuat baik kepada sesama.

“Dengan adanya Covid-19 ini, kita harus ambil hikmah bahwa harus lebih meningkatkan kualitas ibadah individu dan ibadah sosial dengan banyak berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu, khususnya anak yatim apalagi ini bulan Ramadan,” ujarnya. (anti/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI