PBB Kecam Rencana Israel Kuasai Tepi Barat

Sabtu, 25 April 2020 08:38

Ilustrasi PBB

“Tindakan sepihak hanya akan mengarah pada lebih banyak konflik dan penderitaan,” ujarnya.

Mladenov nemawarkan dua solusi untuk menyelesaikan konflik ini. Pertama, bekerja bersama untuk memodernisasi dan memperluas perjanjian yang ada serta memantapkan situasi yang relatif tenang saat ini di Gaza.

Kedua, menerapkan rekomendasi laporan Kuartet Timur Tengah 2016 dan secara aktif mengambil langkah-langkah menuju solusi dua negara yang dinegosiasikan berdasarkan resolusi PBB, perjanjian bilateral dan hukum internasional.

Sementara itu, Uni Eropa kembali menegaskan posisinya terkait status wilayah Palestina yang diduduki Israel. Uni Eropa menyatakan tidak akan mengakui kedaulatan Israel atas Tepi Barat.

“Posisi Uni Eropa pada status wilayah yang diduduki oleh Israel pada 1967 tetap tidak berubah. Sejalan dengan hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan, termasuk resolusi 242 (1967) dan 338 (1973), Uni Eropa tidak mengakui kedaulatan Israel atas Tepi Barat yang diduduki,” kata Uni Eropa dalam sebuah pernyataannya.

Uni Eropa pun kembali menekankan, bahwa aneksasi atau pencaplokan merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional.

Bagikan berita ini:
4
2
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar